Kenali 5 Ciri Importir Penipu Berikut Ini!

Kenali 5 Ciri Importir Penipu Berikut Ini!

Dunia bisnis saat ini sangatlah menarik. Selain peluang suksesnya besar, bisnis juga bisa memakai modal kecil. Caranya adalah bekerjasama dengan para importir barang-barang China yang murah. Sayangnya, tak sedikit dari mereka yang sebenarnya adalah importir penipu!

Sudah banyak korban yang dirugikan oleh para importir penipu. Pastikan Anda bisa mendapat barang impor China terbaik tanpa terjebak oleh ulah mereka. Supaya lebih jelas dan mudah, berikut 5 ciri umum dari para importir yang tidak terpercaya dan bisa Anda kenali beserta cara-cara mengantisipasinya!

Menawarkan Harga Murah yang Terlalu Rendah

Semua orang pasti suka dengan barang bagus yang harganya murah. Hal itulah yang membuat banyak produsen maupun reseller rutin bekerjasama dengan importir barang murah. Tapi, apa jadinya bila importir barang murah tadi menawarkan harga yang murahnya terlihat tidak wajar? Ya, bisa jadi mereka adalah importir penipu!

Harga barang yang terlalu rendah bisa jadi tanda bahwa produknya berkondisi buruk. Harga ditekan serendah mungkin, supaya masih ada orang-orang yang tertarik untuk membeli. Guna menjamin orang-orang tertarik, importir penipu tersebut rela memalsukan deskripsi produk hingga seakan-akan terlihat masih bagus dan berkualitas sekaligus berharga murah. Bila menemui hal seperti itu, pastikan importir tersebut bisa ditanyai dan memberi konfirmasi secara cepat serta masuk akal.

Kontaknya Susah Dihubungi

Importir penipu juga bisa dikenali dari kontak yang mereka sediakan. Umumnya, kontak yang disediakan oleh importir terpercaya dapat berupa nomor seluler, alamat email, dan media sosial resminya. Paling tidak, importir terpercaya memiliki ketiga kontak tersebut. Importir penipu kerap kali menyediakan kontak yang mencurigakan, baik hanya punya nomor seluler saja, kontaknya tidak cepat membalas, media sosial yang tampilannya sembarangan, atau alamat emailnya yang terlihat tidak professional dan tidak normal.

Memastikan keaslian kontak dari pihak importir sangatlah penting dan mudah. Salah satu caranya adalah dengan memastikan nomor seluler dari yang bersangkutan memiliki Whatsapp atau tidak. Setelah itu, perhatikan tampilan dari akun Whatsapp milik kontak sang supplier. Atau, bisa juga gunakan aplikasi Get Contact untuk memeriksa kontak sang supplier tersebut tersimpan oleh orang lain sebagai penipu atau tidak.

Minim Testimoni dan Data Kepuasan Pelanggan

Berikutnya, ciri-ciri importir yang tidak terpercaya adalah tidak punya info testimoni ataupun data kepuasan pelanggan yang memadai. Testimoni dan kepuasan pelanggan adalah informasi yang penting serta mampu menjadi pembeda antara importir penipu dengan yang terpercaya. Bila sudah punya ratusan penilaian dan testimoni, biasanya suatu importir bisa kita percaya.

Info testimoni dan kepuasan pelanggan berfungsi untuk menggambarkan seberapa asli dan bagusnya sang importir di mata masyarakat. Meski begitu, tetaplah waspada dengan banyaknya importir penipu yang bisa memalsukan data testimonial berkat kecanggihan teknologi digital sekarang. Cermati secara teliti, maka kita bisa tau testimoni dari sang importir itu benar-benar asli atau palsu.

Metode Pembayaran yang Kurang Aman

Importir penipu biasanya cenderung menyediakan metode pembayaran barang yang serba terbatas. Selain itu, regulasi transaksi mereka kurang transparan, tidak aman, dan sulit untuk kita awasi secara menyeluruh. Contohnya bisa dengan tidak bersedia menerima pembayaran uang muka dan tidak memberi jaminan barang sampai ke tangan kita dengan selamat.

Semakin banyak hal yang nampak ditutup-tutupi dan membingungkan, maka semakin besar kemungkinannya suatu supplier bisa terindikasi sebagai importir penipu. Semurah apapun penawarannya, jangan ambil resiko untuk bertransaksi dengan importir penipu yang regulasi transaksinya tidak memberikan rasa aman maupun nyaman kepada Anda.

Buruk dalam Memberi Deskripsi Produk

Supplier ataupun importir penipu juga bisa dikenali dari caranya dalam mendeskripsikan barang-barang jualannya. Barang yang fotonya sedikit buram atau tidak jelas biasanya malah menandakan bahwa yang bersangkutan adalah importir terpercaya. Foto yang sedikit buram menandakan gambar produknya benar-benar diambil sendiri dan bukan hasil editan digital dari gambar-gambar internet.

Begitupun sebaliknya, jangan langsung percaya pada barang berharga murah yang gambarnya terlihat banyak diedit. Cobalah meminta foto produk terbaru kepada importir yang barangnya mau kita beli. Importir penipu biasanya tidak bisa menyediakan foto produk yang asli dan terbaru kepada kita selaku calon pembelinya.

Ingin dapat barang-barang impor yang bagus dan murah? Pastikan Anda menghindari importir penipu. Diskusikan juga kebutuhan Anda bersama Yestrade, konsultan pengimporan yang kompeten dan berpengalaman khusus untuk Anda!

Leave a Reply