Menghemat Biaya Impor dari China ke Indonesia

            Salah satu hal penting yang harus selalu dipikirkan oleh para pebisnis impor China adalah bagaimana cara untuk melakukan penghematan biaya impor. Tidak peduli apakah Anda seorang pemilik bisnis berskala besar maupun kecil, menghemat biaya impor dapat mempengaruhi laba bisnis Anda secara signifikan. Setiap pengeluaran yang berhasil Anda minimalisir bisa berarti peningkatan kinerja keuangan. Nah, berikut ini adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda untuk memangkas pengeluaran berlebih dengan menghemat biaya saat melakukan kegiatan impor dari China ke Indonesia.

Tips Menghemat Biaya Impor dari China ke Indonesia

1. Kemas barang dengan rapi untuk mengurangi volume

Biaya pengiriman impor biasanya didasarkan pada volume barang kiriman Anda. Itu sebabnya, mengemas barang dengan rapi dapat membantu Anda untuk mengurangi jumlah volumenya dan mencegah Anda untuk membayar lebih dari pada apa yang Anda butuhkan. Selain itu, jika ada kemungkinan Anda membeli dari dua supplier yang berbeda, salah satu cara terbaik untuk melakukan penghematan biaya adalah dengan menggabungkan barang Anda dalam satu pengiriman alih-alih mengirimnya secara terpisah.

2. Rencanakan pengiriman dari jauh-jauh hari

Dalam bisnis impor, perencanaan yang matang adalah kunci penting untuk mendukung operasi bisnis yang efektif dan efisien. Begitu juga dalam hal pengiriman barang. Pastikan Anda selalu menjadwalkan pengiriman dari supplier jauh-jauh hari sebelum kehabisan stok barang di gudang. Jika Anda merencanakan pengiriman dalam waktu mepet, ini tidak hanya akan memungkinkan Anda kehabisan stok barang untuk dijual di toko dan kehilangan pelanggan, tetapi juga membuat Anda harus memilih pengiriman tercepat menggunakan jalur udara, yang mana akan jauh lebih mahal dibandingkan ongkos pengiriman dengan jalur laut.

3. Pesan produk sampel terlebih dahulu

Jika ini adalah pertama kalinya Anda membeli produk dari supplier, sebaiknya hindari langsung memesannya dalam jumlah yang banyak. Salah satu skenario terburuk yang mungkin terjadi adalah kualitas produk tersebut mungkin tidak sesuai dengan ekspektasi Anda. Tentunya masalah ini akan mendatangkan kerugian yang sangat mahal. Oleh sebab itu, usahakan untuk selalu melakukan quality control secara menyeluruh. Dengan memesan produk sampel terlebih dahulu kepada supplier Anda sebelum menyetujui kontrak perjanjian apa pun.

Tips Menghemat Biaya Impor dari China ke Indonesia

4. Negosiasikan harga dengan supplier Anda

Jika Anda sudah merasa puas dengan produk sampel yang didapatkan dan merasa yakin untuk memulai kerja sama dengan supplier pilihan Anda, jangan ragu untuk menegosiasikan persyaratan harga yang lebih menguntungkan bagi Anda. Selain itu, dari pada membeli produk dalam jumlah yang sedikit, akan lebih baik jika Anda memesannya di atas kuantitas pesanan minimum. Biasanya semakin banyak jumlah barang yang Anda pesan, maka akan semakin murah pula harga per unitnya.

5. Cari partner freight forwarder berpengalaman dengan reputasi baik

Jasa freight forwarder yang andal, seperti halnya Yestrade. Tentunya memiliki tim profesional yang sudah terbiasa dalam mengurus kegiatan impor dan ekspor. Mereka dapat membantu mengatur pengiriman Anda dengan cara seefektif dan seefisien mungkin. Dengan mencegah kemungkinan kerusakan, kehilangan, atau keterlambatan proses impor yang dapat mendatangkan banyak kerugian bagi bisnis Anda.

Jasa Yestrade

Itu dia beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menghemat biaya impor barang dari China ke Indonesia. Nah, bagi Anda yang sedang mencari partner freight forwarder andal dan berpengalaman, Yestrade solusinya. Konsultasikan gratis mengenai berbagai layanan jasa impor barang dan pembelian barang dari marketplace yang ada di China bersama dengan Yestrade sekarang juga. Dapatkan kemudahan berbelanja dari mana saja dan kapan saja dengan jaminan keamanan pasti. Selain itu juga siap membantu semua partner untuk impor dan ekspor barang dengan mudah, cepat, aman, dan terpercaya. Kemudian mengutamakan kepuasan pelanggan, tim yang profesional dan integritas, proses mudah, dan pengembangan yang berkelanjutan. Jasa pengiriman yang disediakan Yestrade antara lain tas, sepatu, aksesoris, gelang, kacamata. Dan juga ada produk tekstil seperti serat benang, kaos kaki, handuk, kosmetik, dan masih banyak lagi.

Leave a Reply